News MediaMitraPol

Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara Pemilu 2019 di PPK Hamparan Perak Hari Ke-5 Aman dan Lancar

MEDIAMITRAPOL.COM  I  DELI SERDANG, SUMATERA UTARA - Proses rekapitulasi penghitungan surat suara hasil pencoblosan Pemilu 2019 di Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Hamparan Perak  Kabupaten Deli Serdang,Provinsi Sumatera Utara Sampai hari kelima kegiatan yang berlangsung di pergudangan eks tembakau PTPN II Nusantara.Yang berlokasi di Dusun II Desa Kelumpang Kebun masih relatif aman,tertib dan lancar.

Ketua panitia pemilih Kecamatan (PPK) Hamparan Perak Tri Era Wahyudi Saat di konfirmasi awak media, Rabu (24/4) sekira pukul 14.15 Wib menjelaskan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di se-Kecamatan Hamparan Perak berjumlah 434 (empat ratus tiga puluh empat) TPS, dengan jumlah daftar pemilihan tetap (DPT) se-Kecamatan Hamparan Perak sebanyak 16.222 (enam belas ribu dua ratus dua puluh dua) pemilih.Dan jumlah kotak suara yang masuk ke PPK Hamparan Perak sebanyak 2.170 (dua ribu seratus tujuh puluh) kotak suara. Menurut Tri Era, jumlah Desa yang ada di Kecamatan Hamparan Perak mencapai 20 (dua puluh) Desa.

Nama-nama Desa yang berada di Kecamatan Hamparan Perak berikut dengan jumlah TPSnya yakni, 
1.Desa Tandam Hulu I jumlah TPS, 8 TPS
2.Desa Tandam Hulu II jumlah TPS, 20 TPS
3.Desa Paya Bakung jumlah TPS, 35 TPS
4.Desa Kelambir V Kampung jumlah TPS, 14 TPS
5.Desa Kelambir V Kebun jumlah TPS, 48 TPS
6.Desa Kelumpang Kebun jumlah TPS, 36 TPS
7.Desa Kelumpang Kampung jumlah TPS, 16 TPS
8.Desa Sialang Muda jumlah TPS, 5 TPS
9.Desa Bulu Cina jumlah TPS, 39 TPS
10.Desa Tandam Hilir I jumlah TPS, 32 TPS
11.Desa Tandam Hilir II jumlah TPS 30 TPS
12.Desa Kota Datar jumlah TPS, 18 TPS
13.Desa Kota Rantang jumlah TPS, 18 TPS
14.Desa Lama jumlah TPS, 17 TPS
15.Desa Kelambir jumlah TPS, 16 TPS
16.Desa Selemat jumlah TPS, 10 TPS
17.Desa Hamparan Perak TPS, 32 TPS
18.Desa Sei Baru jumlah TPS, 11 TPS
19.Desa Paluh Manan jumlah TPS,12 TPS
20.Desa Paluh Kurau jumlah TPS, 17 TPS

Masih menurut Tri Era Wahyudi ketua PPK Hamparan Perak menjelaskan Kecamatan Hamparan Perak merupakan urutan ketiga terbanyak jumlah Desanya, dengan urutan pertama Kecamatan Percut Sei Tuan, Kecamatan Tanjung Morawa pada urutan kedua dan Kecamatan Sunggal. "Untuk Kecamatan Hamparan Perak masuk urutan ketiga terbanyak jumlah Desanya," papar Tri Era.

Untuk TPS yang sudah berhasil di lakukan rekapitulasi surat suaranya meliputi 5 (lima) Desa, yakni Desa Selemak sebanyak 10 (sepuluh) TPS, Desa Tandam Hulu I sebanyak 8 (delapan) TPS, Desa Kelambir Kampung sebanyak 14 (empat belas) TPS, Desa Kota Rantang sebanyak 18 (delapan belas) TPS dan Desa Sialang Muda sebanyak 5 (lima) TPS.

"Bila di waktu normal, artinya tidak ada selisih data surat suara,untuk penyelesaian penghitungan surat suara dengan hitungan waktu kerja rata-rata 8 (delapan) jam di mulai dari pukul 10.00 Wib sampai dengan pukul 23.00 Wib dapat menyelesaikan hasil rekapitulasi mencapai 8 (delapan) TPS," tutur Tri Era.

Tri Era menambahkan," bila banyak terjadi selisih data surat suara antara petugas PPK dengan para saksi-saksi, maka 1 (satu) harinya jam kerja selama 8 jam hanya dapat menyelesaikan rekapitulasi surat suara sebanyak 3 TPS saja, karena perselisihan data tersebut sempat di bawa ke rapat pleno untuk mensingkronkan data," jelasnya.

"Untuk memperlancar dan mempercepat jalannya rekapitulasi penghitungan surat suara ketua PPK memberlakukan 4 (empat) panel,1 (satu) panel untuk penghitungan surat suara tiap 1 (satu) Desa," pungkasnya.

Sementara itu, sebagai Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) AKP M.H Sitorus SH yang juga menjabat sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Pelabuhan Belawan dengan di dampingi Kanit Regiden Polres Pelabuhan Belawan Ipda Mige Fajari dalam keterangan persnya kepada awak media, menyebutkan selama 5 (lima) hari berlangsungnya kegiatan rekapitulasi penghitungan surat suara di PPK Hamparan Perak hasil pencoblosan Pemilu pada 17 April 2019 yang lalu situasi dan kondisi masih relatif aman,tertib dan lancar.(Red/WN)

MediaMitraPol.com Designed by AzraMedia - MedanTemplateism.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.