News MediaMitraPol

77 Imigran Gelap Aksi Penipuan Asal Tiongkok dan Taiwan Akhirnya Tertangkap


Sumut, Deli Serdang, Media MitraPol.Com, (M2) - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut dan Imigrasi Kelas I Provinsi Sumut berhasil mengamankan 77 Imigran gelap asal Taiwan dan Tiongkok, Senin (15/5/2017) petang.


Imigran gelap yang terdiri dari 28 perempuan dan 49 laki-laki, diamankan dari gudang milik Adul di Jalan Sultan Serdang Pasar 6 Gang Sopoyono, Dusun 5, Desa Telaga Sari, Kec.Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang.


Sedangkan yang menyewa gudang milik Adul (warga Medan) tersebut hingga kini belum diketahui.


Ke 77 imigran yang tertangkap tersebut setelah pihak Interpol negara Tiongkok berkordinasi dengan Mabes Polri. Lalu, Mabes Polri mengarahkan agar interpol Tiongkok berkordinasi ke Dir Krimsus Polda Sumut untuk segera dilakukan penindakan.


Lima orang tim Interpol asal Tiongkok tiba di Medan Sekira pukul 13.00 WIB dan langsung menuju Lokasi Gudang beserta Krimsus Polda Sumut yang dipimpin langsung oleh Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Toga Panjaitan didampingi Kasubdit Cyber Crime, AKBP Heri Jhoni Saragih, Wadir Krimsus AKBP Roni Santana, personil Imigrasi Kelas I Provinsi Sumut dan lima orang interpol asal Tiongkok, Senin (15/5/2007) sekira pukul 16.30 wib. 

  

Di dalam Gudang, juga ditemukan sejumlah fasilitas layaknya seperti hotel yang dilengkapi dengan kamera cctv dan monitor tv, terdapat juga  9 ruang kamar tidur, 45 unit tempat tidur bertingkat, 3 ruang aula, 2 ruang kerja, sejumlah meja kerja dan satu ruang makan.


Di dalam juga terdapat tiga set papan white board, empat unit mesin cuci merek polytron, dua unit tong air ukuran 2000 liter,serta handphone dari para imigran dan sejumlah kalkulator yang saat ini disita sebagai barang bukti.


Informasi diperoleh menyebutkan, ternyata gudang tersebut dijadikan sebagai tempat untuk melakukan penipuan terhadap warga negara Tiongkok dan Taiwan.


Selain itu, petugas juga mengamankan seorang bernama Wagimin (38) warga asal Tebingtinggi, Sumatera Utara  yang bekerja sebagai supir. Wagimin sendiri mengaku dibawa oleh Freddy warga asal Jakarta.


Kepada petugas, Wagimin mengatakan sudah di gudang sejak Senin (8/5/2017) dan menemukan imigran gelap tersebut sudah ada di dalam gudang.


Hingga kini, para imigran gelap tersebut sudah diamankan di Dit Krimsus Polda Sumut, guna proses penyidikan lebih lanjut. (WN)

MediaMitraPol.com Designed by AzraMedia - MedanTemplateism.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.