News MediaMitraPol

QR Code bernama Qris Unggul DiPerkenalkan BI Sumut

MEDIAMITRAPOL.COM I SUMATERA UTARA - Guna mewujudkan Sumatera Utara (Sumut) agar lebih siap menghadapi tantangan ke depannya terutama di bidang sistem pembayaran, Bank Indonesia (BI) Sumut memperkenalkan QR Code bernama Quick Respon Indonesian Standard Universal Gampang Untung dan Langsung (Qris Unggul‎). Transaksi nontunai ini sudah diluncurkan BI di Jakarta bertepatan di Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2019, kemarin.

Direktur BI Kantor Perwakilan Sumut, Andiwiana Septonarwanto mengatakan zaman sekarang untuk melakukan transaksi pembayaran menggunakan code bahkan di beberapa gerai Indonesia dan Kota Medan sudah menggunakan code tersebut.

“Dengan Qris Unggul ini BI menstandarkan semuanya sehingga tidak perlu kartu kredit A atau B. Semua dikendalikan di handphone dan tidak perlu banyak aplikasi lainnya cukup Qris Unggul ini,” katanya kepada wartawan di Kantor BI Sumut di Medan, Senin (19/8).

Dimulai dengan jalan tol yang menggunakan uang elektronik, Andi melanjutkan tidak diperlukan menggunakan bank khusus. Sepanjang bank nya adalah BI dan mengikuti standar.

“Jadi, penggunaan Qris Unggul ini juga begitu kalau kita mengikuti digital payment ini memakai QR Code. Sehingga sekarang hanya satu barcode saja menggunakan Qris Unggul,” sebutnya.

Tujuan diluncurkan Qris Unggul ini paling utama yakni ingin memajukan pariwisata Indonesia, lantaran dikatakan Andi turis saat ini sudah tidak membawa uang tunai. Karena uang turis saat ini tersimpan di bank akan dipakai bila diperlukan. 

“Sekarang tidak jaman lagi turis yang datang ke Indonesia bawa uang cash. Mereka saat ini datang ke ATM dan tarik uangnya namun itu pun sudah tidak banyak lagi yang seperti itu. Makanya saat ini para turis sudah pakai QR,” tutup Andi. (Wes)

MediaMitraPol.com Designed by AzraMedia - MedanTemplateism.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.