News MediaMitraPol

KAPOLDASU SAMPAIKAN AMANAT KAPOLRI PADA APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN - 2017

KAPOLDASU SAMPAIKAN AMANAT KAPOLRI PADA APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN - 2017




MediamitraPol.com    I     Sumatera Utara


Pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2017 sekitar pukul 10.00 Wib bertempat dilapangan KS.Tubun Mapolda Sumut dilaksanakan Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba-2017 sebagai irup Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw hadir dalam upacara tersebut Segenap Unsur Pimpinan Daerah, Para Pejabat Instansi Sipil maupun TNI Polri, Para Tokoh Agama dan Masyarakat dan Pemuda.


Amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolda Sumut Apel Gelar Pasukan “ Operasi Lilin – 2017 “ yang dilaksanakan pada hari ini diselenggarakan secara serentak oleh seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan. Apel ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan kita dalam melaksanakan operasi pengamanan Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, baik pada aspek personel, sarana prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsure Lintas Sektoral dalam Pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.






Perayaan Natal dan Perayaan Pergantian tahun yang bersamaan dengan Libur sekolah merupakan saat yang dinantikan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia, dengan penuh kebahagiaan dan sukacita, yang diharapkan dapat terselenggara dengan nyaman, aman, lancar dan menjadi tugas kita sebagai aparat keamanan untuk memenuhinya. Sebelum Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba-2017 ini dilaksanakan, Polri didukung oleh TNI serta Stake Holder lainnya dalam hal ini Kemenhub, Kemenpupera, Kemenkes, Pertamina dan Jasa Marga telah melaksanakan rapat koordinasi untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik. Sedangkan untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas harga pangan pokok Polri bersama dengan Kementan, Kemendag, Kemenperin, Badan Pom, KPPU dan Perum Bulog telah melaksanakan langkah-langkah preventif secara sinergis guna mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok. Upaya tersebut akan terus dilakukan sepanjang pelaksanaan Operasi Lilin 2017 berlangsung.


Operasi Lilin Toba-2017 akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 s/d 01 Januari 2018 dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan Intelijen dan penegakkan hukum. Operasi ini dilibatkan 170.304 personel, yang terdiri atas 90.557 personel Polri, 20.070 Personel TNI dan 60.177 personel dari instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya. Diseluruh tempat-tempat telah dibangun 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan yang tergelar diseluruh wilayah Indonesia dan tolok ukur keberhasil Operasi Lilin Toba-2017 ini ditandai dengan terwujudnya kamseltibcarlantas, menurunnya angka kejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabilitas harga bahan pokok serta tertanggulanginya dampak bencana alam.







Oleh karena itu beberapa hal yang perlu saya tekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personel yang bertugas adalah sebagai berikut :

- Petakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana Operasi yang matang.
- Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian tempat ibadah dan tempat-tempat lainnya.
¬- Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh Ormas, bila tetap terjadi lakukan tindakan tegas yang profesional.
- Optimalkan penggelaran anggota di tengah masyarakat, lakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas guna mengurai dan mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
- Maksimalkan peran satgas pangan di masing-masing daerah, guna mewujudkan stabilitas harga pangan dan menggandeng instansi terkait.
- Perkuat sinergitas Polisional dengan seluruh stake holders untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


Sebelum mengakhiri sambutan ini saya menyampaikan apresiasi dan ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan “Operasi Lilin 2017”, semoga Pengabdian dan kerja keras yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
(Wesli)

MediaMitraPol.com Designed by AzraMedia - MedanTemplateism.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.